Uji Kompetensi JF Perdagangan



Pelayanan Uji kompetensi Jabatan Fungsional Perdagangan merupakan pelayanan yang diberikan kepada seluruh pejabat fungsional perdagangan maupun PNS yang menduduki jabatan lain yang akan berpindah ke jabatan fungsional perdagangan yang berkaitan dengan pelaksanaan Uji Kompetensi.

Dalam penerapannya, pelayanan uji kompetensi memiliki beberapa persyaratan petugas layanan, yaitu :

  1. Memahami aturan mengenai uji kompetensi.
  2. Memiliki kemampuan sebagai admin untuk mengelola sistem “kudagang”.

Selain persyaratan petugas layanan, pelayanan uji kompetensi juga memiliki beberapa persyaratan untuk pengguna layanan, yaitu :

  1. Memenuhi syarat untuk perpindahan jabatan ke dalam jabatan fungsional bidang perdagangan.
  2. Memenuhi syarat untuk kenaikan jenjang.
  3. Bersedia mengikuti rangkaian uji kompetensi.

Periode pelaksanaan uji kompetensi dilakukan 4 kali dalam satu tahun dalam jangka waktu 3 bulan. Produk yang akan dihasilkan dari layanan ini berupa surat rekomendasi hasil uji kompetensi.

Adapun sistem mekanisme prosedur pada pelayanan ini, yaitu :

  1. Petugas layanan mengumumkan pelaksanaan Uji kompetensi yang memuat : jadwal pelaksanaan uji kompetensi, persyaratan peserta uji kompetensi, tata cara pendaftaran, dan batas waktu penyampaian usulan uji kompetensi.
  2. Pengguna layanan melakukan pendaftaran uji kompetensi.
  3. Petugas layanan melakukan seleksi administrasi terhadap daftar yang masuk dan konfirmasi keikutsertaan peserta uji kompetensi.
  4. Petugas layanan menyampaikan pengumuman daftar peserta.
  5. Petugas layanan menyelenggarakan uji kompetensi yang diikuti oleh pengguna layanan.
  6. Petugas layanan melakukan pengolahan nilai hasil uji kompetensi.
  7. Pengumuman hasil uji kompetensi memuat : identitas peserta uji kompetensi, dan hasil uji kompetensi.