Penerimaan Mahasiswa Baru Akmet: Upaya Penyiapan SDM Kemetrologian di Indonesia

 313x dilihat

Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementerian Perdagangan. Didirikan tahun 2016, Akmet memiliki tujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga profesional di bidang metrologi, instrumentasi, dan perdagangan. Sampai saat ini, Akmet masih memiliki satu program studi yakni D3 Metrologi dan Instrumentasi yang diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA jurusan terkait bidang ilmu Fisika. Sebagaimana pendidikan D3 pada umumnya, mahasiswa Akmet dididik selama 3 tahun. Selama 3 tahun tersebut, mahasiswa Akmet menempuh 118 SKS dengan 60% perkuliahannya bermuatan Praktikum dan Tutorial. Dengan harapan, setelah menyelesaikan studi, lulusan Akmet dapat membantu memecahkan persoalan di bidang metrologi dan instrumentasi di Indonesia melalui penerapan pengetahuan yang didapatkan di bangku perkuliahan.

Guna mendukung proses pencapaian harapan tersebut, Kementerian Perdagangan pun menyediakan beasiswa pendidikan bagi seluruh mahasiswa Akmet. Sehingga, selama menempuh pendidikan hingga lulus, mahasiswa Akmet tidak dikenai biaya apapun. Namun, untuk dapat menjadi mahasiswa Akmet dan mendapatkan beasiswa pendidikan dimaksud, harus mengikuti dan lulus seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang diselenggarakan tiap tahunnya. Tahapan seleksi tiap tahunnya sama, namun karena pandemi dan adanya tambahan jalur pendaftaran, maka tahapannya menjadi sebagai berikut:

  1. Pendaftaran
    Pendaftaran dilakukan secara daring melalui l a m a n r e s m i A k m e t https://akmet.kemendag.go.id mulai tanggal 29 Maret sampai dengan 17 Juni 2022. Pada tahapan ini, peserta juga harus memilih jalur pendaftaran yang akan membedakan syarat-syarat yang harus dipenuhi peserta dan diperiksa panitia pada tahapan seleksi administrasi.
  2. Seleksi Administrasi
    Seleksi administrasi dilakukan oleh panitia dan dilaksanakan pada tanggal 18-22 Juni 2022. Dalam tahapan ini, panitia akan memeriksa kesesuaian data- data yang dikumpulkan peserta dengan yang dipersyaratkan.
  3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)
    Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Tes Kemampuan Akademik (TKA) dilaksanakan di beberapa Kabupaten/ Kota menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara. Tes Kemampuan Akademik (TKA) dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 mulai pukul 09.00-11.00 WIB. Materi yang diujikan dalam TKA terdiri dari:
    1. Tes Kemampuan Dasar
      ● Tes Wawasan Kebangsaan
      ● Tes Intelegensi Umum
      ● Tes Karakteristik Pribadi
    2. Tes Kemampuan Bidang
      ● Matematika
      ● Fisika
      ● Pengetahuan Umum ( Bahasa Inggris & Pengetahuan Dasar Metrologi)
  4. Wawancara (hanya untuk peserta Jalur Kerja Sama dengan Undangan)
    Mengingat tahun ini, tidak terdapat peserta dari jalur kerja sama dengan undangan, maka tes wawancara tidak dilaksanakan.
  5. Psikotes
    Tahap terakhir yang harus diikuti oleh peserta seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Akmet Tahun 2022 adalah psikotes. Proses seleksi psikotes dilaksanakan secara daring/online pada tanggal 16 Agustus 2022. Dalam melaksanakan psikotes, Akmet bekerja sama dengan Pusat Inovasi Psikologi Universitas Padjajaran (PIP Unpad).

Dari hasil proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, setiap tahunnya Akmet menerima 55 orang mahasiswa. Namun, untuk tahun ini, Akmet menambah kuota penerimaan mahasiswa baru menjadi 65 orang. Dengan komposisi, 40 orang mahasiswa jalur kerja sama dan 25 orang mahasiswa jalur umum. Daerah asal mahasiswa jalur kerja sama tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Kabupaten Aceh Tengah
  2. Kota Sabang
  3. Kabupaten Tapanuli Tengah
  4. Kota Pekanbaru
  5. Kabupaten Bungo
  6. Kabupaten Batanghari
  7. Kabupaten Tanjung Jabung Timur
  8. Kabupaten Way Kanan
  9. Kota Batam
  10. Kabupaten Bandung Barat
  11. Kabupaten Garut
  12. Kabupaten Magelang
  13. Kabupaten Rembang
  14. Kabupaten Pati
  15. Kota Mojokerto
  16. Kabupaten Mojokerto
  17. Kabupaten Sidoarjo
  18. Kabupaten Bondowoso
  19. Kota Serang
  20. Kabupaten Bengkayang
  21. Kabupaten Tanah Laut
  22. Kabupaten Tabalong
  23. Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan
  24. Kabupaten Sidenreng Rappang
  25. Kabupaten Toraja Utara
  26. Kabupaten Muna
  27. Kabupaten Mamuju Tengah
  28. Kabupaten Halmahera Barat

Setelah dinyatakan lolos, 65 calon mahasiswa baru tersebut diwajibkan untuk mengirimkan surat kesediaan menjadi mahasiswa Akmet dan mengunggah berkas-berkas daftar ulang yang dipersyaratkan. Berkas-berkas dimaksud diverifikasi secara langsung pada acara Pendaftaran Ulang yang dilaksanakan pada tanggal 21-22 September 2022. Kemudian, mahasiswa baru mengikuti Tes Kesehatan pada tanggal 23 September 2022 sebelum menjalani kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) mulai tanggal 26 hingga 29 September 2022. Kegiatan terakhir yang harus diikuti oleh mahasiswa baru sebelum menjalani perkuliahan pada tanggal 3 Oktober 2022, adalah Tes Kebugaran yang dilaksanakan pada tanggal 30 September 2022.

Mengingat terdapat 40 orang mahasiswa jalur kerja sama, maka nantinya Akmet akan menindaklanjuti pelaksanaan kerja sama, dengan merancang, menyetujui dan menandatangani Nota Kesepahaman/Nota Kesepakatan (MoU) dan juga Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan daerah asal mahasiswa baru. Dari 28 daerah asal mahasiswa jalur kerja sama angkatan 2022, terdapat 7 daerah yang telah menandatangani Nota Kesepahaman/Nota Kesepakatan (MoU) serta Perjanjian Kerja Sama pada tahun 2021. Sehingga, untuk tahun 2022, Akmet hanya perlu memproses dokumen kerja sama dengan 22 daerah lainnya. Proses tindak lanjut ini dilaksanakan guna menjamin komitmen daerah dalam merekrut lulusan sehingga bisa langsung mengisi kekosongan SDM di daerah. Ke depannya, diharapkan jumlah pendaftar PMB jalur kerja sama semakin bertambah dan beragam asal daerahnya, sehingga lulusan Akmet bisa membantu pemenuhan kebutuhan SDM Kemetrologian di berbagai daerah di Indonesia.

Referensi

  1. Akademi Metrologi dan Instrumentasi. Pengumuman Nomor 155/SJ-DAG.10/ Akmet/PENG/03/2022 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Kerja Sama Akademi Metrologi Dan Instrumentasi Tahun 2022, Bandung.
  2. Akademi Metrologi dan Instrumentasi. Pengumuman Nomor 217/SJ-DAG.10/ Akmet/PENG/03/2022 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Kerja Sama Akademi Metrologi Dan Instrumentasi Tahun 2022, Bandung.
  3. Akademi Metrologi dan Instrumentasi. Pengumuman Nomor 217/SJ-DAG.10/ Akmet/PENG/03/2022 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Kerja Sama Akademi Metrologi Dan Instrumentasi Tahun 2022, Bandung.
  4. Akademi Metrologi dan Instrumentasi. Pengumuman Nomor 335/SJ-DAG.10/ Akmet/PENG/06/2022 tentang Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Akademi Metrologi Dan Instrumentasi Kementerian Perdagangan Tahun 2022
  5. Akademi Metrologi Dan Instrumentasi. Pengumuman Nomor DL.00.00/478/SJ-DAG.8.5/PENG/08/2022 tentang Pengumuman Hasil Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Pelaksanaan Psikotes Online Calon Mahasiswa Akademi Metrologi Dan Instrumentasi Kementerian Perdagangan Tahun 2022
  6. Akademi Metrologi Dan Instrumentasi. Pengumuman Nomor DL.00.00/542/SJ-DAG.8.5/PENG/09/2022 tentang Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Akademi Metrologi Dan Instrumentasi Tahun 2022